LEMBAR OBSERVASI LINGKUNGAN SEKOLAH
Weleh2 waktu yang lalu gue lupa berbagi Contoh Lembar Observasi Lingkungan Sekolah untuk kegiatan PPL (Praktek Pengalaman Lapangan) hehe
Langsung aja Guys di Sedot datanya :D
LEMBAR OBSERVASI
PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH
Nama mahasiswa/calon guru :
REZA NIRIPATI
NIM : AFD 110 078
Nama sekolah yang diamati :
SMKN 2 PALANGKA RAYA
Tanggal pengamatan :
Senin, 26 Agustus 2013
Amati keadaan sekolah yang anda
kunjungi dengan cermat. Untuk mendapatkan informasi yang akurat, anda dapat
melakukan wawancara dengan guru, pegawai, dan siswa. Catat hasil pengamatan
anda dengan melengkapi format berikut ini, atau menuliskannya di tempat lain
bila tempat yang disediakan tidak cukup.
Hasil
Pengamatan
A. Keadaan
Fisik Sekolah
1.
Luas
tanah :
10.393 m2
2.
Jumlah
ruang kelas : 20 (Dua Puluh) Kelas
3.
Ukuran
ruang kelas : 10x9
4.
Bangunan
lain yang ada
a.
Lab. Komputerluasnya 20x9 m2
b.
Lab. Pemasaranluasnya 12x9m2
c.
Lab. Akuntansiluasnya 12x9 m2
d.
Lab. Adm. Perkantoranluasnya 10x9 m2
5.
Lapanganolah raga (jenisdanukuran)
a.
Lapangan basket :
600 m2
b.
LapanganVoli :
40 m2
c.
Lapangan Futsal :
600 m2
B. Keadaan
Lingkungan Sekolah
1.
Jenis
bangunan yang mengelilingi sekolah :
Perpustakaan Daerah, MTsN Model, Kantin,
Dinas Pendidikan dan Badan Pendidikan dan Pelatihan
2.
Kondisi
lingkungan sekolah :
Kondusif.
C. Fasilitas
Sekolah (tulisankan jenis, kuantitas, dan kualitasnya)
1.
Perpustakaan : 1
ruangandalamkeadaanbaik
2.
Laboratorium : 5
ruangan, 3 dalamkeadaanbaik
3.
Ruang
BP : 1
ruangandalamkeadaanbaik
4.
Ruang
Serbaguna : Aula dalamkeadaan baik.
5.
Lain-lain : Mushola, Bank Mini, UKS, dan Kantin,
kualitasnya baik.
D. Penggunaan
Sekolah
1.
Jumlah
sekolah yang menggunakan bangunan ini :
satu (1) sekolah.
2.
Jumlah
“shift” tiap hari :
3-4 shift.
E. Guru
dan Siswa
1.
Jumlah
guru : 47 Orang
2.
Jumlah
kelas : 20
Kelas
3.
Jumlah
siswa perkelas : 30-35 Orang
4.
Jumlah
siswa seluruhnya : 599 Orang
F. Interaksi
Sosial
Tuliskan
dengan singkat kesan anda tentang hubungan guru-guru, guru-siswa, siswa-siswa,
dan hubungan antar personil di sekolah tersebut.
1.
Hubungan
guru-guru :
Hubungan guru-guru sangatbaik.
2.
Hubungan
guru-siswa :Hubungan
guru-siswa sangatbaik.
3.
Hubungan
siswa-siswa :Hubungan
siswa-siswa baik.
4.
Hubungan
guru- tata usaha :Hubungan
guru- tata usaha baik.
5.
Hubungan
sosial secara keseluruhan :Hubungan
sosial secara keseluruhan sangat baik.
G. Tata
Tertib
1.
Untuk
Siswa :Baik
2.
Untuk
Guru :SangatBaik
3.
Untuk
Pegawai :SangatBaik
H. Kesan
Umum
Kesan
saya setelah mengamati dengan baik sekolah SMKN 2
Palangka Raya,
hal-hal yang bersangkutan dengan proses pencapaian tujuan pembelajaran cukup
terlaksana dengan baik. Guru menyadari benar akan kewajibannya sebagai
pendidik. Berkat kerjasama yang baik antara guru, siswa, dan staf tata usaha,
lingkungan sekolah dijaga dan dirawat kebersihan serta kerapiannya dengan
semaksimal mungkin untuk menciptakan suasana yang nyaman dalam menjalankan
proses belajar mengajar.
LEMBAR OBSEVASI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Nama sekolah : SMK
Negeri 2 Palangka Raya
Kelas : XI Akuntansi 2
Jam pelajaran :
08.45-11.15 Wib
Mata pelajaran :
KKPI (KeterampilanKomputerdanPengelolaanInformasi)
Hari/ Tanggal : 28
Agustus 2013
Amati kegiatan belajar yang
sedang berlangsung di kelas yang sedang anda kunjungi. Pusatkan perhatian pada
perilaku guru dan siswa didalam kelas. Catatlah hasil pengamatan anda dengan
menuliskannya di tempat yang tersedia atau menjawab pertanyaan yang ada.
A. Pembukaan
1.
Ketika
masuk kelas yang dikerjakan guru adalah. . .
Guru
memperhatikan kebersihan kelas dan kerapian semua siswa, kemudian mengucapkan
salam pembuka.
2.
Guru
membuka pelajaran dengan cara. . .
Guru
membuka pelajaran dengan cara melakukan apersepsi tentang materi yang akan
disampaikan.
3.
Apa
cara membuka pelajaran tersebut sesuai dengan materi yang disajikan. Berikan
alasan. . .
Cara
membuka pelajaran sesuai dengan materi yang disajikan dengan melakukan tanya
jawab dengan siswa tentang pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan
disampaikan.
4.
Berapa
menit tahap pendahuluan ini berlangsung ?
Tahap
pendahuluan berlangsung selama 5-10 menit.
5.
Bagimana
perhatian siswa terhadap guru ?
Siswa
memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru, meskipun masih ada satu atau dua
orang yang tidak memperhatikan.
B. Kegiatan
Belajar Mengajar
1.
Bagaimana
cara guru menyajikan materi pokok pelajaran ?
Guru
dalam menyajikan materi pokok pelajaran menyesuaikan dengan metode dan media
yang digunakan. Guru pun menggunakan bahasa yang baik dan mudah dipahami oleh
siswa.
2.
Selama
pelajaran berlangsung, berapa kali guru bertanya kepada siswa ?
Selama
pelajaran berlangsung, guru bertanya ± 3 kali kepada siswa.
3.
Berapa
orang siswa yang mendapatkan kesempatan menjawab kepada siswa ?
Ada
dua atau tiga orang yang mendapat kesempatan menjawab pertanyaan guru, meskipun
ada jawaban siswa yang kurang tepat.
4. Selama pelajaran berlangsung,
apakan ada (a) siswa yang mengajukan pertanyaan, (b) siswa yang mendapat
kesulitan belajar, jika iya, bagaimana cara guru mengatasinya, dan (c) siswa
yang mengganggu kelas, jika iya, bagaimana cara guru mengatasinya.
Selama
pelajaran berlangsung, ada beberapa siswa yang mengajukan pertanyaan kepada
guru tentang materi yang belum dipahami. Disamping itu, ada juga beberapa siswa
yang kesulitan dalam menerima pelajaran karena guru dalam menjelaskan materi
terlalu cepat dan sulit untuk dipahami. Guru dengan cepat mengatasi hal
tersebut dengan menjelaskan kembali kepada siswa bagian mana yang belum
dipahami dan berusaha untuk tidak terlalu tergesa-gesa dalam menjelaskan. Dalam
melakukan proses belajar mengajar, tentunya ada siswa yang mengganggu di kelas.
Guru dengan tegas menyuruh siswa tersebut menjawab pertanyaan yang diajukan
oleh guru dan menjelaskan kembali apa yang disampaikan sebelumnya.
5. Secara umum bagaimanakah
perhatian siswa terhadap pelajaran yang disajikan guru ?
Secara
umum, siswa memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru.
6. Berapa lama pelajaran ini
berlangsung ?
Pelajaran
berlangsung selama 3
jam.
C. Penutup
1.
Apa
yang dilakukan guru untuk mengakhiri pelajaran ?
Untuk
mengakhiri pelajaran, guru secara bersama-sama menyimpulkan materi yang telah
dipelajari sehingga siswa mengerti apa tujuan dari materi tersebut.
2.
Bagaimana
cara guru menilai belajar siswa ?
Guru
melakukan penilaian kepada siswa secara praktikum
3.
Apa
yang dilakukan guru sebelum mengakhiri pelajaran untuk pindah ke pelajaran lain
atau istirahat ?
Sebelum
mengakhiri pelajaran untuk pindah kepelajaran lain atau istirahat, guru
menginformasikan tentang materi selanjutnya yang akan dipelajari, kemudian
mengucapkan salam.
4.
Berapa
menit bagian penutup ini berlangsung ?
Bagian
penutup berlangsung selama 5-10 menit.
5.
Tuliskan
kesan umum anda terhadap kegiatan belajar mengajar yang anda amati ?
Setelah saya mengamati proses
belajar mengajar di kelas, saya melihat siswa memperhatikan apa yang disampaikan
guru meskipun ada beberapa orang yang tidak memperhatikan, tetapi pelajaran
dapat berjalan dengan lancar dan baik.
oke,makasih kak,ini sangat membantu sekali
BalasHapusBang gw mau beli yg di akun steam bisa?
BalasHapusKalo bisa 085850830046 no wa gw
Hapus