LEMBAR OBSERVASI LINGKUNGAN SEKOLAH


Weleh2 waktu yang lalu gue lupa berbagi Contoh Lembar Observasi Lingkungan Sekolah untuk kegiatan PPL (Praktek Pengalaman Lapangan) hehe
Langsung aja Guys di Sedot datanya :D

LEMBAR OBSERVASI PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH


Nama mahasiswa/calon guru               : REZA NIRIPATI
NIM                                                     : AFD 110 078
Nama sekolah yang diamati                : SMKN 2 PALANGKA RAYA
Tanggal pengamatan                           : Senin, 26 Agustus 2013

Amati keadaan sekolah yang anda kunjungi dengan cermat. Untuk mendapatkan informasi yang akurat, anda dapat melakukan wawancara dengan guru, pegawai, dan siswa. Catat hasil pengamatan anda dengan melengkapi format berikut ini, atau menuliskannya di tempat lain bila tempat yang disediakan tidak cukup.

Hasil Pengamatan
A.   Keadaan Fisik Sekolah
1.        Luas tanah                   : 10.393 m2
2.        Jumlah ruang kelas      : 20 (Dua Puluh) Kelas
3.        Ukuran ruang kelas     : 10x9
4.        Bangunan lain yang ada
a.       Lab. Komputerluasnya 20x9 m2
b.      Lab. Pemasaranluasnya 12x9m2
c.       Lab. Akuntansiluasnya 12x9 m2
d.      Lab. Adm. Perkantoranluasnya 10x9 m2
5.        Lapanganolah raga (jenisdanukuran)
a.       Lapangan basket           : 600 m2
b.      LapanganVoli               : 40 m2
c.       Lapangan Futsal           : 600 m2
B.   Keadaan Lingkungan Sekolah
1.      Jenis bangunan yang mengelilingi sekolah      :
Perpustakaan Daerah, MTsN Model, Kantin, Dinas Pendidikan dan Badan Pendidikan dan Pelatihan
2.      Kondisi lingkungan sekolah                            :
Kondusif.

C.  Fasilitas Sekolah (tulisankan jenis, kuantitas, dan kualitasnya)
1.        Perpustakaan               : 1 ruangandalamkeadaanbaik
2.        Laboratorium               : 5 ruangan, 3 dalamkeadaanbaik
3.        Ruang BP                    : 1 ruangandalamkeadaanbaik
4.        Ruang Serbaguna         : Aula dalamkeadaan baik.
5.        Lain-lain                      : Mushola, Bank Mini, UKS, dan Kantin, kualitasnya baik.
D.  Penggunaan Sekolah
1.        Jumlah sekolah yang menggunakan bangunan ini        : satu (1) sekolah.
2.        Jumlah “shift” tiap hari                                                  : 3-4 shift.
E.   Guru dan Siswa
1.        Jumlah guru                             : 47 Orang
2.        Jumlah kelas                            : 20 Kelas
3.        Jumlah siswa perkelas             : 30-35 Orang
4.        Jumlah siswa seluruhnya          : 599 Orang
F.   Interaksi Sosial
Tuliskan dengan singkat kesan anda tentang hubungan guru-guru, guru-siswa, siswa-siswa, dan hubungan antar personil di sekolah tersebut.
1.        Hubungan guru-guru                            : Hubungan guru-guru sangatbaik.
2.        Hubungan guru-siswa                           :Hubungan guru-siswa sangatbaik.
3.        Hubungan siswa-siswa                         :Hubungan siswa-siswa baik.
4.        Hubungan guru- tata usaha                  :Hubungan guru- tata usaha baik.
5.        Hubungan sosial secara keseluruhan    :Hubungan sosial secara keseluruhan sangat baik.
G.  Tata Tertib
1.      Untuk Siswa     :Baik
2.      Untuk Guru      :SangatBaik
3.      Untuk Pegawai :SangatBaik
H.  Kesan Umum
       Kesan saya setelah mengamati dengan baik sekolah SMKN 2 Palangka Raya, hal-hal yang bersangkutan dengan proses pencapaian tujuan pembelajaran cukup terlaksana dengan baik. Guru menyadari benar akan kewajibannya sebagai pendidik. Berkat kerjasama yang baik antara guru, siswa, dan staf tata usaha, lingkungan sekolah dijaga dan dirawat kebersihan serta kerapiannya dengan semaksimal mungkin untuk menciptakan suasana yang nyaman dalam menjalankan proses belajar mengajar.

LEMBAR OBSEVASI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

Nama sekolah              : SMK Negeri 2 Palangka Raya
Kelas                            : XI Akuntansi 2
Jam pelajaran               : 08.45-11.15 Wib
Mata pelajaran             : KKPI (KeterampilanKomputerdanPengelolaanInformasi)
Hari/ Tanggal              : 28 Agustus 2013

Amati kegiatan belajar yang sedang berlangsung di kelas yang sedang anda kunjungi. Pusatkan perhatian pada perilaku guru dan siswa didalam kelas. Catatlah hasil pengamatan anda dengan menuliskannya di tempat yang tersedia atau menjawab pertanyaan yang ada.

A.   Pembukaan
1.        Ketika masuk kelas yang dikerjakan guru adalah. . .
Guru memperhatikan kebersihan kelas dan kerapian semua siswa, kemudian mengucapkan salam pembuka.
2.        Guru membuka pelajaran dengan cara. . .
Guru membuka pelajaran dengan cara melakukan apersepsi tentang materi yang akan disampaikan.
3.        Apa cara membuka pelajaran tersebut sesuai dengan materi yang disajikan. Berikan alasan. . .
Cara membuka pelajaran sesuai dengan materi yang disajikan dengan melakukan tanya jawab dengan siswa tentang pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan disampaikan.
4.        Berapa menit tahap pendahuluan ini berlangsung ?
Tahap pendahuluan berlangsung selama 5-10 menit.
5.        Bagimana perhatian siswa terhadap guru ?
Siswa memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru, meskipun masih ada satu atau dua orang yang tidak memperhatikan.

B.   Kegiatan Belajar Mengajar
1.      Bagaimana cara guru menyajikan materi pokok pelajaran ?
Guru dalam menyajikan materi pokok pelajaran menyesuaikan dengan metode dan media yang digunakan. Guru pun menggunakan bahasa yang baik dan mudah dipahami oleh siswa.
2.      Selama pelajaran berlangsung, berapa kali guru bertanya kepada siswa ?
Selama pelajaran berlangsung, guru bertanya ± 3 kali kepada siswa.
3.      Berapa orang siswa yang mendapatkan kesempatan menjawab kepada siswa ?
Ada dua atau tiga orang yang mendapat kesempatan menjawab pertanyaan guru, meskipun ada jawaban siswa yang kurang tepat.
4.      Selama pelajaran berlangsung, apakan ada (a) siswa yang mengajukan pertanyaan, (b) siswa yang mendapat kesulitan belajar, jika iya, bagaimana cara guru mengatasinya, dan (c) siswa yang mengganggu kelas, jika iya, bagaimana cara guru mengatasinya.
Selama pelajaran berlangsung, ada beberapa siswa yang mengajukan pertanyaan kepada guru tentang materi yang belum dipahami. Disamping itu, ada juga beberapa siswa yang kesulitan dalam menerima pelajaran karena guru dalam menjelaskan materi terlalu cepat dan sulit untuk dipahami. Guru dengan cepat mengatasi hal tersebut dengan menjelaskan kembali kepada siswa bagian mana yang belum dipahami dan berusaha untuk tidak terlalu tergesa-gesa dalam menjelaskan. Dalam melakukan proses belajar mengajar, tentunya ada siswa yang mengganggu di kelas. Guru dengan tegas menyuruh siswa tersebut menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru dan menjelaskan kembali apa yang disampaikan sebelumnya.
5.      Secara umum bagaimanakah perhatian siswa terhadap pelajaran yang disajikan guru ?
Secara umum, siswa memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru.
6.      Berapa lama pelajaran ini berlangsung ?
Pelajaran berlangsung selama 3 jam.
C.  Penutup
1.      Apa yang dilakukan guru untuk mengakhiri pelajaran ?
Untuk mengakhiri pelajaran, guru secara bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dipelajari sehingga siswa mengerti apa tujuan dari materi tersebut.
2.      Bagaimana cara guru menilai belajar siswa ?
Guru melakukan penilaian kepada siswa secara praktikum
3.      Apa yang dilakukan guru sebelum mengakhiri pelajaran untuk pindah ke pelajaran lain atau istirahat ?
Sebelum mengakhiri pelajaran untuk pindah kepelajaran lain atau istirahat, guru menginformasikan tentang materi selanjutnya yang akan dipelajari, kemudian mengucapkan salam.
4.      Berapa menit bagian penutup ini berlangsung ?
Bagian penutup berlangsung selama 5-10 menit.
5.      Tuliskan kesan umum anda terhadap kegiatan belajar mengajar yang anda amati ?
Setelah saya mengamati proses belajar mengajar di kelas, saya melihat siswa memperhatikan apa yang disampaikan guru meskipun ada beberapa orang yang tidak memperhatikan, tetapi pelajaran dapat berjalan dengan lancar dan baik.


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer