Kumpulan Soal Filsafat Pendidikan
PENGERTIAN
DAN RUANG LINGKUP FILSAFAT PENDIDIKAN
Soal
.
1. Kata
Filsafat berasal dari bahasa Yunani, philosophia
yang berarti cinta pengetahuan. Berdasarkan pengertian tersebut, maka
pengertian filsafat adalah ….
a)
Cinta
pada ilmu pengetahuan atau kebenaran
b) Keadilan
sosial
c) Sikap
nasionalisme
d) Cinta
kepada umat manusia
2. Dalam
pengertian yang lebih luas, Harold Titus mengemukakan pengertian filsafat
sebagai berikut, kecuali …
a) Sekumpulan
sikap dan kepercayaan terhadap kehidupan dan alam
b) Suatu
proses atau kritik pemikiran terhadap kepercayaan
c)
Analogis
irasional dari bahasan dan penjelasan
d) Usaha
untuk mendapatkan gambaran keseluruhan
3. Berikut
ini yang bukan merupakan jangkauan dari filsafat adalah ….
a) Menganalisis
b) Menilai
c) Mencoba
mengerti
d)
Merangkum
masalah
4. Filsafat
yang merupakan ilmu pengetahuan komprehensif, akan berusaha memahami segala
persoalan-persoalan yang timbul di dalam ….
a) Gejolak
permasalahan pribadi
b)
Keseluruhan
ruang lingkup pengalaman manusia
c) Lapangan
kehidupan manusia
d) Aktivitas
lingkungan kerja
5. Berbagai
pengertian filsafat pendidikan telah dikemukakan para ahli. Menurut
Al-Syaibany, filsafat pendidikan adalah ….
a)
Aktivitas
pikiran yang teratur sebagai jalan untuk mengatur
b) Suatu
pembentukan kemampuan dasar yang fundamental
c) Ilmu
pengetahuan yang bersifat komprehensif
d) Melihat
suatu masalah secara total tanpa ada pembatasan
6. John Dewey menyatakan bahwa filsafat itu
merupakan ….
a) Aktivitas
pikiran yang teratur sebagai jalan untuk mengatur
b)
Suatu
pembentukan kemampuan dasar yang fundamental
c) Ilmu
pengetahuan yang bersifat komprehensif
d) Melihat
suatu masalah secara total tanpa ada pembatasan
7. Pendidikan dalam arti yang luas sebagai
semua perbuatan dan usaha dari generasi tua untuk mengalihkan pengetahuan,
pengalaman, kecakapan dan keterampilannya kepada generasi muda. Pengertian
pendidikan tersebut dikemukakan oleh ….
a) John
Dewey
b) Al-Syaibany
c)
Soegarda
Poerwakawatja
d) William
Bean
8.
Berikut ini merupakan ruang lingkup
filsafat pendidikan secara mikro, terkecuali ….
a) Merumuskan
sifat hakikat manusia
b) Merumuskan
hubungan antara filsafat
c) Merumuskan
sistem nilai-norma
d)
Merumuskan
sifat kehidupan dunia
9.
Filsafat pendidikan memiliki beberapa
sumber primer, yaitu ….
a) Pekerjaan,
status, golongan
b) Alam,
budaya, suku
c)
Manusia,
sekolah, lingkungan
d) Agama,
ras pendidikan
10. Pendidikan
merupakan proses dalam pembentukan kemampuan dasar yang fundamental, yang
menyangkut daya pikir (intelektual), maupun daya rasa (emosi) manusia.
Pengertian pendidikan tersebut adalah pandangan dari seorang ahli yang berrnama
….
a)
John
Dewey
b) Soegarda
Poerwakawatja
c) William
James
d) Al-Syaibany
BAB
II
ALIRAN
FILSAFAT PENDIDIKAN MODERN
Soal .
1.
Dalam filsafat pendidikan modern dikenal
beberapa aliran, kecuali ….
a) Progresivisme
b) Perenialisme
c)
Pragmatisme
d) Esensialisme
2. Salah satu aliran dalam pendidikan
filsafat modern yaitu aliran progresivisme dan aliran tersebut dinamakan instrumentalisme, karena aliran ini
beranggapan bahwa….
a) Terdiri
dari realita kehidupan
b) Dapat
mempengaruhi pembinaan kepribadian
c)
Kemampuan
intelegensia manusia sebagai alat untuk hidup
d) Menggunakan
asas menguji kebenaran
3.
Salah satu tokoh ahli dalam aliran
progresivisme adalah ….
a) John
Dewey
b)
Ferdinant
Schiller
c) Soegarda
Poerwakawatja
d) Al-Syaibany
4. Dalam dunia pendidikan, sekolah tidak
hanya berfungsi sebagai transfer of
knowledge (pemindahan pengetahuan), melainkan juaga harus berfungsi sebagai
….
a)
Transfer of value
b) Transfer of season
c) Integrated curriculum
d) Problem solving
5. Anak didik harus diberikan kemerdekaan
dan kebebasan untuk bersikap sesuai
dengan cara dan kemampuannya masing-masing. Oleh karena itu John Dewey ingin
mengubah hambatan dalam demokrasi pendidikan dengan jalan ….
a) Memberi
perintah kepada anak didik
b) Membuat
anak didik merasakan kehidupan yang sebebas-bebasnya
c) Mewajibkan
anak didik mengikuti peraturan yang terikat
d)
Memberikan
kesempatan anak didik untuk belajar melalui pengalaman
6.
Sikap progresivisme memandang segala
sesuatu berasaskan ….
a) Pancasila
b)
Fleksibilitas
dan dinamis
c) Portable
dan statis
d) Hukum
7. Aliran pendidikan yang didasarkan pada
nilai-nilai kebudayaan yang telah ada sejak awal peradaban manusia, merupakan
aliran pendidikan ….
a) Aliran
pendidikan progresivisme
b)
Aliran
pendidikan esensialisme
c) Aliran
pendidikan rasisme
d) Aliran
pendidikan perenialisme
8. Dalam sejarah pendidikan banyak dijumpai
berbagai teori tentang perkembangan manusia. Beberapa aliran tentang
perkembangan manusia dan hasil pendidikan itu adalah sebagai berikut, kecuali
….
a) Konvergensi
b) Naturalisme
c) Empirisme
d)
Perenialisme
9. Pendidikan adalah suatu proses. Melalui
proses ini, individu diajarkan kesetiaan dan ketersediaan untuk mengikuti
aturan. Hal tersebut dikutip dalam buku Freeman Butt yang berjudul ….
a) Society
Of Education
b) Science
Of Education
c) Dictionary
Of Education
d)
Cultural
History Of Western Education
10. Manusia
adalah animal rasionale, maka tujuan
pendidikan adalah mengembangkan akal budi supaya anak didik dapat hidup penuh
kebijaksaan demi kebaikan hidup itu sendiri. Hal tersebut dinyatakan oleh
seorang ahli bernama ….
a)
Robert
Hutchkins
b) St.
Thomas Aquinas
c) Aristoteles
d) Alexis
Mascherano
BAB
III
HUBUNGAN
ANTARA FILSAFAT, MANUSIA, DAN PENDIDIKAN
Soal
.
1. Dalam sejarah pendidikan banyak dijumpai
berbagai teori tentang perkembangan manusia. Beberapa aliran tentang
perkembangan manusia dan hasil pendidikan itu adalah sebagai berikut, kecuali
….
a) Konvergensi
b) Naturalisme
c) Empirisme
d)
Perenialisme
2. Filsafat menjadikan manusia berkembang
dan mempunyai pandangan hidup yang menyeluruh dan sistematis. Pandangan itu
kemudian dituangkan dalam sistem pendidikan, dan pemikiran ini dimuatkan dalam
bentuk ….
a)
Kurikulum
b) Undang-undang
c) Buku
biografi
d) filosofis
3. Pendidikan adalah suatu proses. Melalui
proses ini, individu diajarkan kesetiaan dan ketersediaan untuk mengikuti
aturan. Hal tersebut dikutip dalam buku Freeman Butt yang berjudul ….
a) Society
Of Education
b) Science
Of Education
c) Dictionary
Of Education
d)
Cultural
History Of Western Education
4.
Seorang pendidik perlu memilih metode
atau teknik penyajian yang tidak saja disesuaikan dengan bahan atau isi
pendidikan yang akan disampaikan namun juga disesuaikan dengan ….
a)
Kondisi
dan kemampuan anak didiknya
b) Golongan
sosial anak didiknya
c) Lingkungan
profesi
d) Pengalaman
hidup
5. Kurikulum adalah seperangkat bahan
pelajaran, rumusan hasil belajar, penyediaan kesempatan belajar, kewajiban dan
pengalaman peserta didik. Pernyataan tentang kurikulum tersebut dinyatakan oleh
tokoh ahli yang bernama ….
a) Taba
b)
Lewis
dan Meil
c) Stratemayer
Sc.
d) Brubecher
6. Kurikulum adalah jalan terdekat untuk
sampai kepada tujuan pendidikan. Pendapat tersebut dinyatakan oleh seorang ahli
bernama ….
a) Lewis
dan Meil
b)
Brubecher
c) Taba
d) Stratemayer
Sc.
7.
Menurut Stratemayer Sc. kurikulum dianggap sebagai hal yang meliputi ….
a)
Jalan terdekat mencapai tujuan
pendidikan
b)
Kenyataan mengenai maksud dan tujuan
tertentu
c) Bahan pelajaran dan kegiatan kelas
d)
Rumusan mata pelajaran
8. Hasil pendidikan dan perkembangan itu
berbagai pada pengalaman-pengalaman yang diperoleh anak didiknya selama
hidupnya dari luar dirinya berdasarkan perangsang yang tersedia baginya.
Pernyataan tersebut termasuk ke dalam aliran ….
a) Empirisme
b)
Naturalisme
c)
Konvergensi
d)
Pesimisme
9.
Aliran nativisme atau pesimisme dianut
oleh seorang tokoh bernama ….
a)
J.J. Rousseau
b)
William Stem
c) Schopenhauer
d)
John Locke
10. Filsafat
pendidikan dalam kegiatannya secara normatif tertumpu dan berfungsi
untuk,
kecuali….
a)
Merumuskan dasar dan tujuan pendidikan
b)
Merumuskan teori
c) Merumuskan masalah kehidupan
manusia
d) Merumuskan hubungan antara agama,
filsafat, filsafat pendidikan, teori pendidikan dan kebudayaan
BAB
IV
FILSAFAT
PENDIDIKAN PANCASILA
Soal .
1. Pendidikan diusahakan dan
diselenggarakan oleh pemerintah sebagai suatu sistem pengajaran nasional
sebagaimana tercantum dalam ….
a)
UUD
1945 pasal 31 ayat 2
b) UUD
1945 pasal 30 ayat 2
c) UUD
1945 pasal 29 ayat 1
d) UUD
1945 pasal 28 ayat 1
2. Fungsi pancasila dengan sistem
pendidikan ditinjau dari filsafat pendidikan adalah sebagai ….
a) Pandangan
hidup bangsa yang menjiwai sila-silanya dalam kehidupan sehari-hari
b) Pemikiran
dalam tujuan pendidikan
c) Kesatuan
yang utuh
d) Bahasa
yang abstrak
3.
Bagian filsafat yang menyelidiki tentang
hakikat yang ada adalah ….
a) Epistomologi
b)
Ontologi
c) Kronologi
d) Aksiologi
4. Harapan agar kita bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa dan juga merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional,
tertera dalam pancasila tepatnya sila ….
a) Kelima
b) Keempat
c)
Pertama
d) Kedua
5. Studi tentang pengetahuan (adanya)
benda-benda, menyelidiki sumber, syarat, proses terjadinya ilmu pengetahuan, batas
validitas, dan hakikat ilmu pengetahuan adalah ….
a)
Epistomologi
b) Ontologi
c) Aksiologi
d) Kronologi
6. Tujuan pendidikan sama dengan tujuan
didirikannya suatu negara. Pernyataan tersebut dinyatakan oleh seorang tokoh ahli bernama ….
a) John
Dewey
b) John
Locke
c) Archimedes
d)
Aristoteles
7.
Aksiologi adalah bidang filsafat yang
menyelidiki tentang adanya ….
a) Benda-benda
b) Hakikat
c) Makhluk
hidup
d)
Nilai-nilai
8.
Bidang filsafat yang menyelidiki tentang
adanya nilai-nilai (value) adalah ….
a)
Ontologi
b)
Epistomologi
c) Aksiologi
d)
Kronologi
9. Tuntutan formal yang fungsional dari
kedudukan dan fungsi dasar negara Pancasila sebagai sistem kenegaraan republik
Indonesia, merupakan pengertian dari ….
a)
Ilmu filsafat
b)
Filsafat pendidikan
c) Filsafat pendidikan Pancasila
d)
Aliran filsafat
10. Kesadaran memiliki dan mewarisi sistem
kenegaraan Pancasila adalah dasar pengamalan dan pelestariannya, sedangkan
jaminan utamanya ialah ….
a)
Sistem pendidikan nasional
b)
Tercapainya tujuan pendidikan
c)
Pengetahuan yang didmiliki manusia
d) Subyek manusia Indonesia seutuhnya
BAB
V
FILSAFAT
PENDIDIKAN PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA
Soal .
1.
Transfer nilai-nilai budaya yang paling
efektif adalah melalui ….
a) Pandangan
hidup
b) Pancasila
c)
Proses
pendidikan
d) Filsafat
pendidikan
2. Pendidikan mencakup dua kepentingan
utama, yaitu pengembangan potensi individu dan pewarisan nilai-nilai budaya.
Pernyataan tersebut dikemukakan oleh seorang tokoh bernama ….
a)
Hasan
Langgulung
b) Hasan
Shas
c) William
Stern
d) Aristoteles
3. Manusia adalah makhluk yang memiliki
berbagai potensi bawaan. Dari sudut pandang potensi tersebut manusia memiliki
sebutan. Dilihat dari potensi intelektualnya manusia disebut ….
a)
Homo intelectus
b) Homo faber
c) Homo sapiens
d) Homo saciela abima
4. Manusia memiliki kemampuan merasai,
mengerti, membeda-bedakan, kearifan, kebijaksanaan, dan pengetahuan. Atas dasar
kemampuan tersebut, manusia disebut ….
a) Homo intelectus
b) Homo faber
c)
Homo sapiens
d) Homo saciela abima
5. Aliran filsafat yang menyatakan bahwa
manusia memiliki potensi bawaan (natur)
yang dapat berkembang secara alami, tanpa memerlukan bimbingan dari luar
(lingkungan), merupakan pernyataan dari aliran filsafat ….
a) Empirisme
b)
Naturalisme
c) Konvergensi
d) Progresivisme
6. Aliran filsafat yang merupakan pandangan
gabungan dari aliran filsafat naturalisme dan aliran filsafat empirisme adalah
aliran filsafat ….
a) Pragmatisme
b) Perenialisme
c)
Konvergensi
d) Progresivisme
7.
Berikut ini merupakan sebutan untuk
manusia dari sudut pandang potensi yang dimiliki, kecuali ….
a) Homo sapiens
b) Homo faber
c) Homo intelectus
d)
Homo erectus
8. Dari sudut pandang individu, pendidikan
merupakan usaha untuk mengembangkan potensi individu, sedangkan dari sudut
pandang kemasyarakatan merupakan usaha untuk ….
a) Pengembangan
kemampuan individu
b) Penyeimbang
sumber daya manusia dengan sistem pendidikan
c)
Pewarisan
nilai-nilai budaya
d) Pewarisan
segala material
9.
Hal yang diperlukan agar sistem pendidikan
tetap terjaga adalah perlunya ….
a)
Suatu
landasan filsafat pendidikan
b) Sumber
daya manusia yang memadai
c) Penguasaan
IPTEK
d) Penyeimbang
sumber daya manusia dengan sistem pendidikan
10. Filsafat pendidikan dalam kegiatannya
secara normatif tertumpu dan berfungsi untuk,
kecuali….
a)
Merumuskan dasar dan tujuan pendidikan
b)
Merumuskan teori
c) Merumuskan masalah kehidupan
manusia
d)
Merumuskan hubungan antara agama,
filsafat, filsafat pendidikan, teori pendidikan dan kebudayaan
Komentar
Posting Komentar