Contoh Jurnal Belajar TIK


BAB I
PENDAHULUAN

Teknologi komunikasi pada dasarnya merupakan wujud hasil pemikiran dari komunikasi bermedia sebagai salah upaya dalam memenuhi kebutuhan informasi dengan cepat, jelas, dan melampaui batas ruang dan waktu. Rogers (1986) menjelaskan bahwa teknologi komunikasi adalah “ Peralatan perangkat keras dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses dan saling tukar informasi dengan individu-individu lain.”  Dalam memberikan sedikit perbedaan antara pemahaman terhadap teknologi informasi dan komunikasi dalam hal ini Abrar (2003:3-4) menjelaskan bahwa memberikan analisis pemahaman bahwa “Teknologi komunikasi berkaitan erat dengan informasi. Ada teknologi komunikasi yang berfungsi menyalurkan informasi, teknologi komunikasi yang berfungsi mengolah informasi, teknologi komunikasi yang berfungsi sebagai pengolah dan penyimpan informasi. Tetapi bertolak dari pengertian teknologi informasi yang ditulis Richard Weiner dalam Webster’s New World Dictionary of Media and Communications menyebutkan bahwa teknologi informasi adalah pemrosesan, pengolahan dan penyebaran data oleh kombinasi dan telekomunikasi, maka teknologi informasi lebih merupakan pengerjaan data. Teknologi informasi menitikberatkan perhatiannya pada bagaimana data “ ditukangi” dengan menggunakan komputer dan telekomunikasi”.
Dalam memaknai Teknologi Komunikasi di mana Teknologi informasi dikelompokkan menjadi enam teknologi, yakni 1) Teknologi komunikasi; adalah hasil pikir dari sebuah proses komunikasi bermedia; 2) Teknologi masukan; adalah teknologi yang berhubungan dengan peralatan untuk memasukkan data ke dalam sistem komputer, peranti masukan yang lazim dijumpai dalam sistem komputer berupa keyboard dan mouse; 3) Teknologi keluaran; adalah teknologi yang berhubungan dengan segala peranti yang berfungsi untuk menyajikan informasi hasil pengolahan sistem, lazim di jumpai pada komputer berupa monitor dan printer merupakan peranti yang biasa digunakan sebagai peranti keluaran; 4) Teknologi perangkat lunak; dikenal juga dengan sebutan program adalah deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga komputer dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki pembuatnya; 5) Teknologi penyimpan; dibedakan atas dua kelompok yaitu memori internal dan penyimpan eksternal. Memori internal berfungsi sebagai pengingat sementara baik bagi data, program, maupun informasi ketika proses pengolahannya dilaksanakan oleh CPU. Contoh memori intrenal adalah ROM dan RAM. ROM (Read-Only Memory)  adalah memori yang hanya bisa dibaca, sedangkan RAM (Random Acces Memory) adalah memori yang isinya bisa diperbaharui; 6) Teknologi mesin pemroses; lebih dikenal dengan sebutan CPU (Central Processing Unit), mikroprosesor atau prosesor. Contoh prosesor yang terkenal saat ini adalah Pentium dan Power PC. Sesuai dengan namanya, CPU merupakan bagian dalam sistem komputer yang menjadi pusat pengolah data dengan cara menjalankan program yang mengatur pengolahan tersebut; 7) Teknologi sebagai sistem, sistem yang terbentuk berdasarkan pengguna teknologi informasi. Suatu sistem teknologi informasi pada dasarnya tidak hanya mencakup hal-hal yang bersifat fisik, seperti komputer, printer dan lain-lain. Tapi juga mencakup hal yang tidak terlihat secara fisik, yaitu software, dan yang lebih penting lagi adalah orang. Dengan kata lain, komponen utama sistem teknologi informasi adalah berupa perangkat keras (hardware),  perangkat lunak (software), orang (brainware).
Dari uraian ini diharapkan anda dapat memasuki dimana bidang garapan Teknologi Komunikasi. Untuk selanjutnya jika hal itu masih membingungkan maka berikut penulis akan menyajikan suatu pengklasifikasian Sistem Teknologi Informasi yang akan membawa anda pada pemahaman tentang Teknologi Komunikasi.



BAB II
JURNAL BELAJAR

A.  IDENTITAS
Nama                                              : REZA NIRIPATI
NIM                                               : AFD 110 078
Tempat / Tanggal Lahir                    : 
Pekerjaan                                       :
Alamat                                            :
B.  JURNAL BELAJAR
Materi yang dibahas tentang :
1.      Mengkaji tentang identifikasi etika, moral, dan kesehatan serta keselamatan kerja (K3) dalam penggunaan: perangkat teknologi informasi dan komunikasi.
2.      Mengkaji tentang identifikasi komponen dasar perangkat keras meliputi: internet, jaringan lokal, dan komputer.
3.      Memanipulasi perangkat lunak seperti sistem database, program grafik, program perancangan WEB (WEB Design).
4.      Menjalankan sistem operasi dan manajemen file.
5.      Membuat dokumen dengan tabel, diagram, mail merge, database, homepage interaktif.
6.      Komunikasi melalui internet.
Bahasa pemprograman sebagai pengayaan.

Komentar

Postingan Populer